Ini lab-on-a-chip murah dan mudah bisa menyelamatkan nyawa

Sejak deteksi kanker payudara untuk skrining HIV, kelangsungan hidup dari penyakit serius tergantung pada deteksi dini. Ketika tes rutin tidak tersedia, nyawa hilang. Namun, deteksi dini sering memerlukan peralatan laboratorium yang mahal dan pelatihan khusus tidak mudah digunakan di banyak bagian dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, kanker payudara, kanker yang paling umum pada wanita memiliki tingkat kelangsungan hidup yang kira-kira dua kali lebih tinggi di negara-negara berpenghasilan tinggi daripada di negara-negara berpenghasilan rendah.
Refill toner murah
“Pada dasarnya menekankan bahwa kita perlu memiliki akses ke alat-alat diagnosis dini,” kata Rahim Esfandyarpour, seorang profesor teknik di Stanford Technology Center.

Esfandyarpour dan tim peneliti dari Fakultas Kedokteran di Universitas Stanford berusaha untuk melakukan sesuatu tentang hal itu. Mereka telah mengembangkan laboratorium diagnostik pada sebuah chip yang dapat diproduksi murah dan diproduksi dengan printer inkjet dari generasi terakhir.

Sebuah laboratorium pada sebuah chip adalah perangkat yang mengintegrasikan beberapa fungsi laboratorium, seperti analisis DNA pada satu chip yang mencakup beberapa milimeter sampai beberapa sentimeter dalam ukuran. Sebagai microchip, itu adalah sirkuit terpadu, meskipun Esfandyarpour dirancang untuk mengevaluasi dan menganalisis cairan tubuh, untuk tidak melakukan perhitungan matematis.

Konsep laboratorium pada sebuah chip bukanlah hal baru. Para peneliti telah bekerja untuk mengurangi proses laboratorium yang kompleks selama lebih dari 20 tahun.

“Tapi diagnostik desain platform untuk negara berkembang memerlukan pertimbangan yang berbeda”, kata Esfandyarpour.
Refill Toner
Pertama, itu harus mudah digunakan tanpa banyak pengalaman, karena klinik pedesaan bisa menjadi kekurangan staf dengan pelatihan medis ekstensif. Ini harus beradaptasi, mampu untuk menguji lebih dari satu penyakit. Akhirnya, harus murah menjelaskan kekurangan dana dan prasarana kesehatan masyarakat sederhana di beberapa negara berkembang.
Perayaan chip elektronik

Zahra Koochak / Stanford University

Rahim Esfandyarpour jalur elektronik telah membantu desain.

Untuk mencapai hal ini, Esfandyarpour dan timnya mengembangkan sebuah sistem dari dua bagian. Yang pertama adalah silikon ruang mikofluida transparan. Kamera adalah sebuah film transparan di mana sejumlah kecil sampel uji (darah atau sel lain) ditempatkan. Dalam perangkat laboratorium lain pada sebuah chip, chip silikon terukir dengan desain. Esdandyarpour dalam versi chip dibiarkan kosong. Di situlah bagian kedua dari sistem pepatah: menggunakan nanopartikel tinta, petugas kesehatan dicetak desain sirkuit pada sepotong plastik fleksibel yang biaya sesedikit satu sen. Nanopartikel tinta mungkin terdengar berlebihan, tetapi sering ditemukan dalam permainan menggambar sirkuit yang dirancang untuk anak-anak.

Ketika ruang silikon diposisikan di atas strip plastik dan medan listrik diterapkan ke sirkuit, sel-sel di dalam ruang mikofluida ditarik ke arah yang berbeda tergantung pada “polarisabilitas” mereka Kemampuannya untuk memisahkan menjadi muatan positif dan negatif.

Tepatnya bagaimana sel tergantung pada jenis kamera yang ditempatkan di sel berperilaku – sel kanker, misalnya, mereka berperilaku berbeda dari sel-sel sehat – dan yang desain dicetak pada strip elektronik. Misalnya, desain jalur bisa mendeteksi kanker payudara, sementara yang lain terdeteksi AIDS. Para teknisi tidak perlu membuat desain sendiri. Jika ide lepas landas, mereka bisa mencetak desain yang dibuat sebelumnya melalui template yang ada. Dan karena sistem ini contactless, setiap strip elektronik dapat digunakan kembali. Selain aplikasi klinis di negara-negara miskin, chip juga membebaskan peneliti bereksperimen dengan anggaran ketat.

“Ini memberi Anda kebebasan untuk menggunakannya tidak hanya untuk diagnosis, tetapi juga untuk penelitian dasar dan terapan,” kata Esfandyarpour.

Baca Juga Artikel

VSAN 2 Node dengan Direct Connect

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *